Belajar Android Studio 2019

Gambar
Assalamu'alaikum broo... Android Studio 2019 Pada postingan kali ini saya ingin berbagi untuk mereka new comers dunia coding menggunakan Android Studio. Disini saya anggap kalian sudah terbiasa menginstal aplikasi dan download software dari websitenya, akan saya cantumkan linknya. Saya akan membagikan persis dari awal Bagaimana persiapan awal untuk menginstal aplikasi Android Studio di tahun 2019 ini. Berikut tahapan awalnya : 1. Cek spesifikasi laptop atau komputer. Berikut saya cantumkan spesifikasi rekomendasi dari website resmi Android Studio 2019. Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- atau 64-bit). Android Emulator hanya support 64-bit Windows. Minimum RAM 4 GB, disarankan 8 GB RAM. 1280 x 800 minimum screen resolution. Processor minimum Dual Core namun menggunakan SSD. Koneksi Internet (Untuk first build aplikasi dan sinkronisasi dependency). 2. Persiapan download file Java Development Kit  Android Studio  ( Main Program ) ADB Driver ( Untuk run aplikasi

Rangkaian Water Level dengan SCR

Hai gan, kali ini saya mau share mengenai ilmu saya yang sudah saya dapatkan dari dulu hehe
yaitu membuat water level detection menggunakan SCR dan relay, rangkaiannya pun mudah dan simpel, juga tidak memerlukan perangkat sistim minimum yang menggunakan IC Atmega. langsung aja saya postingkan gambar rangkaian berikut penjelasannya,, yo cekidooott.



Penjelasan Singkat :



Dalam rangkaian water level ini dapat bekerja apabila air dalam sebuah tangki berada di bawah kaki basis, di mana sumbu positif atau kaki anoda pada SCR di tempatkan di dasar tangki,kaki basis diatas kaki anoda dan kaki gate pada SCR berada di atas.
Dalam keadaan tersebut, SCR tidak AKTIF karena SCR dapat bekerja apabila kaki gate di beri tegangan.Sedangkan RELAY bekerja dengan system NORMALLY OPEN yang mana apabila relay mendapat tegangan maka saklar akan membuka.

  • Pada saat air berada di bawah kaki basis maka SCR tidak aktif dan tidak memberi tegangan pada relay sehingga relay saklarnya tetap menutup dan dapat menghubungkan arus dan motor pun dapat bekerja. 
  • Apabila air sudah penuh dan menyentuh kaki gate maka SCR mendapat tegangan dan seterusnya di alirkan pada relay,karena relay mendapat tegangan maka relay akan membuka saklar yang terdapat pada relay.  
 

Fungsi komponen pada rangkaian :
  • SCR 

    • Sebagai pengendali dari rangkaian tersebut ,dimana gate yang mengatur tegangan yang masuk pada SCR.Apabila kaki gate tidak mendapat tegangan maka SCR tersebut tidak AKTIF.Sedangkan apabila SCR mendapat tegangan maka SCR tersebut AKTIF.

  • RELAY 

    • Relay ini berfungsi sebagai saklar otomatis.Dimana relay ini memiliki sistem NORMALI OPEN yang mana apabila mendapat tegangan maka saklar akan membuka.Relay mendapat tegangan dari SCR,apabila SCR mendapat tegangan maka relay akan menutup.Sebaliknya apabila SCR tidak mendapat tegangan maka relay akan membuka saklar.
  • DIODA 

    • Dioda ini berfungsi sebagai penyearah arus satu arah.Dari arus yang mengalir dari SCR pada kaki katoda.Yang melakukan fungsi revers bias yaitu mengubah arus negatif yang di hasilkan dari kaki katoda pada SCR dan di teruskan oleh anoda pada dioda menjadi positif,sehingga fungsi deari relay dan transistor dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.


sekian ilmu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat wokey... :D
kalo ada kekurangan silahkan di ralat.

Komentar

  1. berarti kalo gate tidak menyentuh air sedikit saja motor sudah langsung nyala ya ? kalo sedikit saja air berkurang terus motor langsung nyala bisa2 cepat jebol listrik sama motornya .....kecuali kalo misal setelah isi bak tinggal setengah baru mesin dinyalakan mungkin bisa lebih efisien ....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Prakerin SMKN 1 Katapang

Chord Halcali - Long kiss goodbye